Saturday, 18 January 2014
Saturday, 18 January 2014
Saturday, January 18, 2014

8 TAHAP PACARAN

share to: SHARE TWEET

Kemarin gue dan beberapa teman ngobrol tentang relationship. Sehabis bertukar cerita, gue jadi nyadar kalau ternyata semua pasangan pernah ngelewatin tahap yang sama. Setelah dirangkum, kurang lebih ada 8:

1. Tahap Obsesi
Ini tahap pertama di setiap hubungan. Ketika di tahap ini, kalian berdua sama-sama jatuh cinta dan sayang membabi buta. Rasa suka kamu nggak terkendali. Apapun yang dilakukan pacar, apapun, akan terlihat baik dan menarik. Di tahap ini kalian mengabaikan semua kelemahan, dan cuma akan fokus dengan kebaikan-kebaikan pasangan.

2. Tahap Pengenalan
Di tahap ini, kamu berdua mulai saling mengenal satu sama lain dengan lebih baik. Ketika ngobrol rasanya nggak pengin berhenti, dan topik yang dibicarain seolah nggak habis-habis. Ngobrol ini itu ngalor ngidul sampai nggak berasa udah larut malam, tapi topik obrolan juga tetep nggak habis. Mulai ngomongin tentang hal apa yang kamu suka dan nggak suka, pengalaman kamu yang dulu-dulu, rahasia kamu yang paling rahasia, dll. Semuanya, termasuk hal-hal nggak penting, diobrolin dengan detil dan happy.


3. Tahap Gangguan
Tahap ini biasanya kalau udah beberapa bulan pacaran, untuk pertama kalinya kalian ribut agak serius. Ributnya nggak lama, tapi udah mulai bikin shock: Dari yang tadinya happy ketawa-ketawa terus, tiba-tiba mulai berkonflik.

4. Tahap Adu Ego
Di tahap ini, kalian mulai suka adu pendapat tentang satu sama lain. Karna di tahap ke-2 udah saling bilang tentang apa aja yang disuka dan nggak disuka, kamu berpikir semuanya akan berjalan baik-baik aja. Ternyata enggak. Kamu mulai ngerasa dia nggak sesuai sama apa yang dulu dia omongin. Sebaliknya, dia ngerasa apa yang kamu omongin dulu tentang diri kamu nggak sesuai sama apa yang kamu lakuin sekarang. Apa yang kalian berdua harepin nggak sesuai sama apa yang kalian dapetin.

5. Tahap Banyak Tuntutan
Biasanya hubungan pacaran banyak yang berhenti di tahap ini. Karna masing-masing punya bayangan sendiri tentang bagaimana pacar yang ideal, di sini kalian mulai menuntut satu sama lain. Kamu mulai berusaha ngebentuk dan mengubah dia supaya jadi sesuai dengan keinginan kamu. Dia juga gitu ke kamu. 

Di sini semuanya saling berebut kekuasaan, siapa yang dominan akan (merasa) menang. Karna terus menerus dijejelin disuruh kayak gini kayak gitu, pihak yang kalah biasanya capek dan memilih bubar. Yaa, siapa juga yang mau diatur-atur.

6. Tahap Bahagia
Kalau kalian sukses ngelewatin tahap 5, hubungan kamu bisa masuk ke tahap bahagia. Di sini kalian berdua udah berubah jadi lebih adem, dan udah saling ngerti harapan satu sama lain. Karna udah melewati segala macam bencana, kamu ngerasa dia adalah cinta sejati kamu. Cinta abadi kamu. Pokoknya dia diciptain Tuhan sengaja cuma buat kamu. Kalian udah mulai ngomongin tunangan, ngayal-ngayal tentang nikah, nyari nama calon anak, nyari tau di mana kira-kira sekolah yang bagus buat anak itu, ngomongin kira-kira anak itu bakal jadi apa, dia nikah sama siapa, anaknya anak itu ada berapa, dia bakal jadi apa..

7. Tahap Keraguan
Setelah ngelewatin ini itu, nggak berasa ternyata kalian udah lama banget pacaran. Secara random, kamu kepikiran tentang hubungan kamu. Kepikiran tentang kalian yang dulu dan kalian yang sekarang. Kepikiran tentang kehidupan kamu yang dulu dan kehidupan kamu yang sekarang.

Tiba-tiba kamu ragu..


Kamu mulai ngebanding-bandingin hubungan kamu dengan hubungan pasangan lain. Ngebanding-bandingin pacar kamu dengan pacar orang lain. Kamu jadi kurang excited buat nyeritain ini itu. Dari yang dulunya suka nyeritain detil-detil kecil di obrolan keseharian, sekarang jadi males karna kamu ngerasa itu ngga penting. Karna agak-agak depresi, kalian mulai main salah-salahan. Di tahap ini, apapun yang dilakukan pacar akan selalu salah di mata kamu.

8. Tahap Percaya
Ini tahapan terakhir. Tahap di mana kamu dan pacarmu udah saling percaya satu sama lain. Saling ngertiin satu sama lain. Di sini kalian udah paham kebiasaan masing-masing, udah stabil dan nggak drama-drama lagi. Karna udah sukses ngelewatin segala macem rintangan, kamu jadi percaya penuh sama pacar. Kalian udah tau mau dibawa ke mana hubungan kalian ini. Kalian udah sadar kalau hubungan yang baik bukan hubungan yang nggak bermasalah, tapi hubungan yang saling terbuka dan mau berkomunikasi nyelesain masalah. Kalian sadar kalau kalian saling ngebutuhin dan udah ketergantungan satu sama lain. Kalian sama-sama tau, kalau kalian udah capek buat nyari orang baru. Dan capek, kalau mesti mulai semuanya dari awal lagi, kayak dulu.



Jadi, sekarang kalian udah di tahap mana?
CATEGORY
COMMENTS
565 comments

565 comments:

  1. Hahaha bener banget bang..

    Gue masih di nomor 3. Tahap Gangguan. Banyak bener gangguannya.. :(

    ReplyDelete
  2. Kalo masih belum masuk tahap manapun bang ?

    ReplyDelete
  3. masih tahap 2 cong.. dan udah 4 bulan di tahap ini, stuck terus :p

    ReplyDelete
  4. Itu yang terakhir, lagi main sama majikannya, bang?

    ReplyDelete
  5. Ane masih jomblo jadi belum ngerasain fase fase sebagai berikut :D

    ReplyDelete
  6. Tahap pdkt, tapi dia nya masih sayang mantan *gorok leher*

    ReplyDelete
  7. kalo udh masuk tahap punya anak satu dinomor berapa posisinya ya? .. eh Tahap Pacaran ding...#salahfocus

    ReplyDelete
  8. semi tahap ke 5 bang (banyak tuntutan) ;(

    #dan mulai lelah

    ReplyDelete
  9. No comment deh, gue masih single.

    ReplyDelete
  10. Gue ngga ada ditahap itu semua, bang.

    ReplyDelete
  11. Biasanya yang bisa nulis gini, udah ngalamin semua tahapannya. :)))

    ReplyDelete
  12. Tahap 9 Bang. Gak ada kata putus secara langsung, tapi uda belagak kayak gak pernah kenal. :v

    ReplyDelete
  13. kayaknya tahap 4 deh bang. tapi tahap 5 juga ding. eh muter-muter di tahap 4 sama 5 ding.

    ReplyDelete
  14. abang gue tahap 9 bang, hebat gue!!!

    ReplyDelete
  15. Jadi kalau udah bisa ngelewatin tahap banyak tuntutan, kita bakal bahagia ya bang? Bener juga sih banyak yang ngadepin tahap ini pake emosi #halah #sotau

    ReplyDelete
  16. Gue belum juga di tahap satu bang T.T

    ReplyDelete
  17. gua masih bergelut di tahap 7 cong -_-
    udah mau masuk 5 tahun (walaupun putus nyambung)

    ReplyDelete
  18. huah hampir mulu, kapan nyampe tahap8 nya yak:'D

    ReplyDelete
  19. tahap 9 bang jadi jomblo lagi :(

    ReplyDelete
  20. Kalo baru pacaran langsung ke tahap 8 gimana bang menurut lo ??

    ReplyDelete
  21. Gue Tahap 4 cong, kalo udah bacot ngalahin acara debat politik di tv2 deh... tapi sampe sekarang masih lanjut sih.

    ReplyDelete
  22. GUe belom nyampe ditahap mana bang, masih jomblo sih :)

    ReplyDelete
  23. Gue masih single bang. Belum ada yg cocok lagi. Jadi, blm ngerasa tahap apa2.

    ReplyDelete
  24. kalo tahap keraguan dan akhirnya stuck sampai situ..trus gimana congg??

    ReplyDelete
  25. Tahap 5 bang dan aku mulai kehabisan akal dan tebodoh sebodoh bodohnya -_-

    ReplyDelete
  26. tahap 7 tanpa ngelewatin tahap 6 bang. ini gimana? ;(

    ReplyDelete
  27. Yaelah bg.. nomor 1 aja belom. -_-"

    ReplyDelete
  28. baru tahap 2 bang, doain lancar yak :)

    ReplyDelete
  29. Bener banget ini cong cerita lo ..

    Gua masih nyangkut di tahap 5 cong, tuntutan nya banyak banget :(
    Smoga bisa di lewati.

    ReplyDelete
  30. alhamdulillah tahap 8 sepertinya :)

    ReplyDelete
  31. Bang gue belum masuk di tahap 1 sampe 7 itu tapi gue pengen masuk ke tahap yang ke 7 itu gimana bang?

    ReplyDelete
  32. Tahap 3 dan ngga nyampe tahap selanjutnya alias putus :(

    ReplyDelete
  33. gue di tahap 8 dong baaaang!!! tp ya itu kadang mundur ke tahap 7 :/

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Cong gue tahap berapa yah cong...?? :s

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Gimana kalo tahap 1nya sama
    Sama pacar orang bang?
    Sah gak?

    ReplyDelete
  38. Sudah dlm tahap putus dimana mantan sdh pacaran lg sm cewek lain :'))

    ReplyDelete
  39. Alhamdulillah pacaran udh 4 th , ldr pula. Tahap 8 banget !

    ReplyDelete
  40. Cewenya cantik. Kenalin dong biar aku tau ttg tahap diatas

    ReplyDelete
  41. masa iya langsung fokus ama fotonya bang ... lucky banget yang ada di samping lo yah *bercucuran air mata*

    ReplyDelete
  42. Replies
    1. Tapi ketika bubarnya, dia mutusin dengan alasan yang gak masuk akal

      Delete
  43. kalo kelamaan stuck di tahap 8 juga bosen lohh bang abis itu putus deh galau deh~

    ReplyDelete
  44. aku udah melewati tahap 9 yaitu PUTUS , Bg...

    ReplyDelete
  45. Belum dan gak akan masuk tahap pertama karena sekarang aku gak mau punya pacar, maunya calon suami :)

    ReplyDelete
  46. Bang gw aja belum punya pacar,tahap penjodohan ada ga? :3

    ReplyDelete
  47. Aku lagi di tahap 7 bang :')
    kalo udah di tahap 8 itu udah aman ya berarti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa amannn, bisa balik lagi ke tahap 7. :)

      Delete
  48. gue selalu di 2 nih kayanya bang huhuhu

    ReplyDelete
  49. Tahap 9. Hambarrr. *nabur garem*

    ReplyDelete
  50. Besok gue cari pacar yang langsung nikah deh. Gapake kaya gini cong

    ReplyDelete
  51. gue baru tahap 3 bang, otw tahap 4.
    doain langgeng ya bang! haha :D

    ReplyDelete
  52. gw jomblo tahap menahunnnn bhaay

    ReplyDelete
  53. Tahap ga jelas... karna pas tahap kebahagiaanpun ternyata bahagianya palsu... ga tulus" bgt.. :-( lgian udh putus pulak (ʃ⌣ƪ)

    ReplyDelete
  54. Kayak sih lagi di tahap 7 bang. Semua lancar aja deh dan lurus2 aje kayak rel kertaaa.

    ReplyDelete
  55. Gue udah tahap 6 lagi seru2nya ngomongin masa depan. Doain lancar yap bang

    ReplyDelete
  56. Kenapalah bkin yg topiknya kayak bginian, gak ngefek jg buat nemenin jomblo dmlam mnggu. Malah makin ngenesss.

    ReplyDelete
  57. Masih ditahap 'Tentang orang yang lama sendiri'

    ReplyDelete
  58. tahap 1/2 gak ada bang? :))

    ReplyDelete
  59. pacaran udah hampir 8 bulan bang, tapi masih kepikiran mantan #etdahhh #curhat

    ReplyDelete
  60. aku masih tahap minus 1 kayaknya deh -____-
    gimana tuh bang T.T

    ReplyDelete
  61. Tahap pertengkaran dan berakhir putus gegara dia udah punya kecengan lain :-(

    ReplyDelete
  62. lo udah selese-in semua tahap ya? cieee bentar lagi nikah nih :3

    ReplyDelete
  63. tahap 0 bang pacaran aja belom pernah

    ReplyDelete
  64. Sepertinya di 5 deh, keraguan selalu muncul

    ReplyDelete
  65. aku tambahin bang. tahap 9. pasrah sama apa kata Tuhan mau "ngejadiin" gimana :)

    ReplyDelete
  66. Tahap 7 bang....baru putus nyambung lg jdi blm bisa percaya sepenuhnya...;))

    ReplyDelete
  67. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  68. Setelah melewati semua tahap dan sirkulasi putus nyambung, akhirnya gue sampe di tahap 8 bang. Gue sama doi udah 3tahun bareng. Tapi jujur, di tahap 8 ini walaupun kita saling ketergantungan,saling percaya dll tapi disini suka bermunculan orang-orang yang berusaha ngerusak hubungan kita bang entah dari pihak manapun. Ada yg beralasan mereka mau jalin hubungan yg kayak kita jalanin dengan salah satu dari kita dan masih banyak lagi. Tapi walaupun kadang suka dateng orang-orang yang mau ngerusak hubunga kita, komitmen dan rasa kepercayaan kita gak bikin kita kalah sama hal kayak gitu dan puji Tuhan hubungan kami baik baik aja sampe sekarang :))

    ReplyDelete
  69. Gue belum pacaran aja udah masuk tahap 5 bang ngomongin masa depan -_-

    ReplyDelete
  70. Tahap 6 bang, udah 2 tahun. gimana?

    ReplyDelete
  71. Udah sampe tahap 8.. kadang mundur ke tahap 5 kadang kembali ke tahap 8 bang.. :')

    ReplyDelete
  72. Lagi gak ditahap yang mana-mana bang :(( Gue jomblo !! :((

    ReplyDelete
  73. Hahaha..tulisan lo santai banget kita bacanya, mengalir begitu saja. [www.kitabmaop.blogspot.com] @azirmaop

    ReplyDelete
  74. tahap 5 bang dan sekarang... ??

    ReplyDelete
  75. Gebetan gua udah di tahap 6 bang sama pacarnya, kira-kira putusnya kapan ya? :/

    ReplyDelete
  76. hahah gue uda ditahap nomor 8 hehehe

    ReplyDelete
  77. Bang,buat sampe tahap 8 itu yang dibutuhin selain ke-7 tahap diatasnya,berapa lamanya pacaran masuk juga gak ?

    ReplyDelete
  78. Gue gak berhasil lewatin tahap 5 bang:(

    ReplyDelete
  79. Bang gue udah lewatin semuanya tapi tetep aja bubar. Gimana dong tuh? :(

    ReplyDelete
  80. Gue cuma sampe di tahap 6 bang, terus bubar gara-gara dia milih cewe lain, tapi gue masih tetep nunggu, walaupun gue tau dia gabakal balik lagi sama gue :")

    ReplyDelete
  81. udah di tahap 8 bang, tapi malah putus. udah jalan hampir 2 tahun putus tetep gak move on. mungkin bener gak mau cari orang baru dan memulainya dari awal lagi

    ReplyDelete
  82. tahap 7 bang. dianya suka kampret gitu :(

    ReplyDelete
  83. Berhenti di tahap 7 lalu bubar setelah 2 tahun...

    ReplyDelete
  84. Kenapa kita "HARUS PACARAN" bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar ada yang nemenin kalau di bioskop ada film baru

      Delete
  85. Kalau udah nikah, masuk tahap mana ya mas? :D

    #NB: Kan ada jga yg bilang, klo pacaran itu setelah nikah :D
    Maaf mas di anon :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. observasinya belum sampai situ mas. belom nikah saya..

      Delete
  86. Kalau tahap LDR..tahap keberapa bang ?

    ReplyDelete
  87. gue di tahap 4 ,gakuat bang . kira2 tahap 4 berapa lama ya?

    ReplyDelete
  88. Tahap 8, Bang. Tapi masih suka mundur :(

    ReplyDelete
  89. gue udah 5,5 tahun pacaran bang... akhir-akhir ini entah kenapa si pacar jadi suka ngilang gak ada kabar dan berubah 360 derajat. kenapa ya bang padahal kan udah ngelewati tahap 8 juga :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia mau putus tapi nggak enak ngomongnya

      Delete
    2. kemaren udah gue coba tegesin bang, kalo dia gini terus mending kita temenan aja.. eh dianya gak mau bang.. bingung kan jadinya..

      Delete
  90. Gue ga percaya itu nyokap lo bang yg dipoto gif.

    ReplyDelete
  91. Kalo gapunya pacar nama tahapnya apa...? 0?

    ReplyDelete
  92. kok gw agak sedih ya baca artikel lu bang....

    ReplyDelete
  93. kasian yg single ya bang, lg malming bahas ginian haha. *tarik selimut* O:I

    ReplyDelete
  94. tahap...suka sama cowok yang udah punya cewek ada ngga bang?-_-

    ReplyDelete
  95. Males baca bang, udah bubaran :(

    ReplyDelete
  96. nomor 8 . dan belum lama ini kandas , krisis kepercayaan !

    ReplyDelete
  97. Hmm,bener bgt ini :') gw tahap akhir kah? pgnnya sih cpt nikah aja gw bang.

    ReplyDelete
  98. tips singkat padat biar bisa nyampe tahap 8 gimana bang?

    ReplyDelete
  99. Tahap 0,5 Bang... jomblo absolute T_T

    ReplyDelete
  100. gua pernah ke tahap 8 sama mantan, tapi gatau kenapa tiba" ke tahap 7 dan berakhir sudah

    ReplyDelete
  101. gue udah tahap 8 :) semua tahap udah gue lewatin hihiw

    ReplyDelete
  102. kayaknya gue aja deh yg waktu itu ngerasa udah ditahap 8, dianya ngerasa ditahap 7. and then we break up after 3 years we've been together. jadi... ya gitu deh yang namanya sakit; disaat lo merasa sudah percaya kalau dia the-one sedangkan dianya enggak

    ReplyDelete

 
© 2013. All Right Reserved. Design by sapiperjaka