Monday, 16 May 2011
Monday, 16 May 2011
Monday, May 16, 2011

Lulus SMA..

share to: SHARE TWEET

Hari ini pengumuman kelulusan buat anak SMA sederajat. 

Pas gue lagi nulis post ini, di depan gue ada segerombolan anak SMA lagi teriak ketawa-ketawa. Ada yang kayang sambil coret-coretan, ada yang kejer-kejeran, ada juga yang manjat tower PLN. Terakhir gue tau kalo ternyata itu petugas PLN beneran.

"lu masih punya utang bakso goceng loh yaa, jangan sok-sok lupa!"

"iiiihhh, tetekku geli' tauu!"


Perasaan gue langsung campur aduk. Gue keinget masa-masa ketika gue diposisi mereka, waktu gue masih idup. Waktu itu Jakarta belum ada gubernur kayak sekarang, masih dipimpin sama Gatot Kaca. Daerah Senayan masih pegunungan. Monas masih jadi danau. Boro-boro ada mall, istana Presiden aja temboknya daun kelapa.

Buat anak-anak yang baru lulus, dunia seakan dalam genggaman! ya ampun, gue masih nggak percaya gini berani nulis "GENGGAMAN!". Kita ngerasa seakan-seakan udah naklukin dunia. Semua kerja keras dan pengorbanan terbayar lunas dengan kelulusan ini. Jadi jangan heran kalo mereka terlihat agak berlebihan pas lagi selebrasi kelulusan. Itu bener-bener wajar.

Menurut gue, lulus SMA itu maknanya lebih besar dari sekedar 'Lulus Sekolah'. Gue ngerasa kalo udah lulus SMA, berarti kita juga udah lulus disalah satu tahap terpenting dalam kehidupan yang sangat krusial ini.

Apa itu Krusial? entahlah, gue juga nggak ngerti.

Ketika gue SMP, gue selalu iri ngeliat anak SMA. Tiap ngeliat orang pake seragam putih abu-abu, gue langsung mupeng. Belum lagi kalo udah ngeliat cewek-cewek SMA yang pake baju ketat-ketat. Beeeh.. Badan mereka udah mulai kebentuk, beda banget sama temen-temen seumuran gue yang masih rata. Dari sini gue langsung berambisi, "GUE HARUS CEPET-CEPET SMA!".

Ketika udah SMA, gue bener-bener bahagia. Cita-cita gue pas SMP akhirnya terwujud. Gue bisa pake celana panjang, bisa pulang ke rumah agak maleman, dan yang paling penting: gue bisa temenan sama cewek-cewek yang udah punya tetek. Tapi ternyata ini nggak berlangsung lama. Pas udah kelas 3, gue ngerasa kalo SMA itu bener-bener Neraka! Gue harus sekolah dari pagi sampe siang, di tambah bimbel dari siang sampe sore. I'm dying with this shit! 

Gue bener-bener pengen cepet lulus. Ditambah lagi godaan kuliah yang sangat menggiurkan. Bisa gondrongin rambut, ke kampus bisa pake baju bebas, dan yang paling penting buat gue: bisa ketemu cewek-cewek yang lebih liar dari anak SMA. Semenjak itu ambisi gue berubah, "GUE HARUS CEPET-CEPET KULIAH!"

Sekarang, pas udah kuliah, gue mulai nyesel sama ambisi-ambisi gue dulu. Semuanya nggak seindah yang gue bayangin. Kita harus mulai lagi semuanya dari nol. Walaupun dapet banyak temen baru, kenangan dengan sahabat SMA tetep nggak bisa tergantikan. Your college friends know who you are, but your highschool friends know why.

Jadi, buat adek-adek yang belum lulus, gue cuma mau bilang: nikmati prosesnya! Jangan pernah ngeluh buat ngelompatin keadaan yang sebenernya kelak bakalan kalian kangenin. Nikmatin aja, bawa santai. Itu nggak bakal keulang lagi loh. :p

Buat yang baru lulus, selamat yaah. Kalian udah jadi juara buat diri kalian sendiri. Tapi harus inget juga loh, ini bukan akhir dari perjuangan, tapi awal dari kehidupan yang sebenernya. Life's gonna be so hard, guys :)


#nowplaying Selamat tinggal masa lalu - Andra and the backbone.


CATEGORY
COMMENTS
260 comments
 
© 2013. All Right Reserved. Design by Iksan Bangsawan